Tuesday, April 22, 2014 | By: Unknown

Pilihan Orang Tua dan Pilihan Anak




 “Nak, kamu kuliah disini ya, dan km ngambil jurusan Teknik geodesi, nih bapak udah nyiapin tempat bimbel yang bagus buat kamu”

Masih terngiang di otak gw, ketika bokap gw nyuruh kuliah jurusan teknik, ga kebayang dong, gw yang anak IPA’s larinya ke teknik, bisa jadi Mahasiswa Abadi dan macan kampus kayaknya gw heheheh, setelah gw berfikir, merenung dan bicara sama tembok, akhirnya gw ketemu dan dapet yang namanya ilham, gw harus ogah ogahan nih bimbelnya dan gw turutin aja kemauan bokap, tapi ntar pas tes gw isi sesuka hati gw hahahahah.....dan apa yang terjadi? yess gw ga lulus !!!, gw nya seneng tapi bokap gw yg uring uringan, karena dari awal gw emang ga niat untuk kuliah di kota kembang itu, tapi tetep bokap gw nyuruh kuliah di swasta dengan jurusan Teknik !, karena gw ngehormatin orang tua gw, ya gw jalanin aja, dan hasilnya tetep gw ga di terima hehehehe....sampe akhirnya pendaftaran udah mau tutup, bokap gw ngasi ultimatum, lu kalo ga mau kuliah dsono mendingan lu di rumah aja, jaga noh perapatan itungin mobil yang lewat tiap hari...jleb gw jadi sadar klo pendidikan itu penting, akhirnya gw beranikan diri buat bilang, klo gw ga suka di teknik, gw maunya kuliah yang ga pake itung itungan, ga ada yang namanya kalkulus dan sebagainya itu, dan akhirnya gw kuliah jurusan Hukum, yang modal bacot sama apalan doang hahahahahah..... dan Farhat Abbas itu senior gw, kita satu Almamater, Maju terus bang buat jadi Presiden....kami mendukung mu, lupakan para hatters !!!!!

Mungkin kalian juga ngerasain apa yang gw rasain, ketika kita ga sejalan sama orang tua, apa yang bakal kita lakuin? Salah satu fans gw, sebut saja namanya Ratri, dia terjebak dalam pilihan orang tuanya, dan dia stuck ga bisa ngapa ngapain kecuali menghela napas panjaaaaang banget sambil ngurut dada hehehehe.....kenapa gw bisa bilang begitu, karena Ratri ini mengikuti kemauan Orang Tuanya untuk kuliah di kampus IA*N seputaran lampung, dan wajar dong kalo ilmu agama nya mumpuni, gw kadang tertarik untuk sharing tentang Agama sama ratri ini, tapi bukannya ilmu yang gw dapet, yang ada malah ngomongin Justin Bibier wkwkwkwkwk......dan Ratri paling benci kalo nama kampusnya disebut, “ tolong kak aku mohon jangan sebut nama itu, badan gw tiba tiba gatel dan pingin muntah”, “lah, lu knapa?kerasukan? atau belom makan?”, “gw ini korban bokap gw”, jlebb tiba tiba gw keinget masalah gw dulu. Bedanya Ratri mengikuti kemauan orang tuanya. Ntah gmana nasibnya Ratri kedepan kalo udah bgini... miris !

Dalam posisi kaya gini, ga ada yang bisa disalahin, Orang Tua punya hak penuh terhadap anaknya, dan yang pasti, Orang Tua pengen anaknya jadi lebih baik dari pada mereka dan hanya menurut sudut pandang mereka tanpa berfikir gmana hati, perasaan dan kemauan si anak. Tetapi, kadang gw berfikir, bahwa hidup ini bukan hanya tentang Duniawi aja, mungkin Orang tua lupa bahwa Anak sesungguhnya adalah titipan Tuhan, dan suatu saat pasti kembali kepadaNya. 

Hal ini mungkin berlaku juga sama calon pendamping hidupnya si anak. Gw sama Ocha udah ngejalanin pahit getir hidup ini bersama sama. Tetapi, ketika kami dihadapkan dengan masalah yang sangat prinsipil, Ocha pun mengikuti kemauan Orang Tuanya, dan mengikuti perintahNya, sangat mulia hati Ocha, ditambah lagi pendapat orang-orang yang sayang sama ocha dan keluarganya, tapi yang selalu menjadi pertanyaan di otak gw tiap malem “kenapa dia secepat itu” dan kenapa sama orang itu lagi, disaat kami merasa paling kuat, disaat kami merasa paling hebat, ternyata kami lupa terhadap fondasi kami !

Gw sadar, butuh yang namanya KEDEWASAAN tingkat tinggi untuk memahami semua ini. Sedangkan gw, gw cuma lelaki yang Beda, dan ga pernah bisa ngambil hati orang tuanya Ocha. Hanya bermodalkan cinta dan kesetiaan yang selalu gw jaga.

‘’ Tuhan, Engkau Maha segalanya, dan dengan segala manisfestasinya, kabulkan lah doa-doa ocha yang terucap dari lubuk hati yang paling dalam, jangan biarkan air mata menetes di wajahnya”

Kuikhlaskan semua ini hanya kepadaMu, Kuberserah diri hanya kepadaMu, Kupasrahkan semua ini hanya kepadaMu, Tuhan.

1 comments:

khayalan babu said...

Dan ocha pun akhirnya mengikuti kata hatinya dan cinta sejatinya

Post a Comment